Sabtu, 29 Desember 2012

Sesuatu yang Berjarak

Kemarin, ketika sedang menyelesaikan buku yang tengah kubuat, terselenting kata jarak di sela-sela ide yang tersumbat belum hendak keluar. Aku lalu mencari dan mencari tanpa henti, menghilangkan batas-batas yang kadung membangun tembok penghalang tinggi menjulang. Menjarakkanku dengan sang ide.




Jarak lalu membuatku memahami sesuatu. Jarak itu indah, seperti embun yang menunggu datangnya pagi di bentang daun. Siang tiba, pagi menjauh. Namun, siang itu pula yang mengabarkan tentang pagi yang tengah berjalan menghampiri kembali. Pagi itu hanya singgah sesaat di perjalanan semesta. Ia akan menyusun rencana-rencana untuk memangkas jarak pada persinggahannya di petang dan malam.   

Kita yang tengah berjarak menyadarkanku tentang pencarian akan kehilangan. Tak ada pencarian jika tak ada kehilangan dan tak ada kehilangan jika tak ada jarak. Tanpa pencarian dan kehilangan, tak akan pernah ada kata rindu. Hanya jaraklah yang mengajari kita mengapa ada rindu, mengapa kita menanam rindu. Lalu, dalam aksara-aksara, kuciptakan montase dengan dipenuhi ornamen bernama jarak agar bisa kucari kamu yang mungkin tengah menghilang digigil rindu.  



written by Nugraha Sugiarta (Nunu)
drawing by Amelia devita (Devita)

28 komentar:

  1. jarak tak selamanya hitam, jarak adalah abu-abu yang kadang bisa memutih.
    yak!aku setuju dengan konsep jarak darimu (kalian maksudnya, kan ini punya org 2) hehe salam kenal ya:))senang bs menemukan blog ini!
    visit me back

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai salam kenal juga :D
      makasi ya ud mampir... ^^

      Hapus
  2. Hah.. LDR. Untunglah aku udah berhasil melewatinya dengan selamat. HIhihi
    Btw, gambarnya bagus bangeeeet.. O_O

    /bebenyabubu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyaaa... perjalanan kami LDR ga lama lagi..insya Allah *amiiin* hihihi..
      aahh aku pun suka foto2mu nan kece ituuu ^^

      Hapus
  3. sorry oot, saya mau mendukung penyusunan bukunya. semoga cepet selesai ya.. dan jangan lupa kabari saya kalo udah selesai. btw, ambil tema apa nih bukunya. saya antusias sekali pengin tahu, hehe. salut dah pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi pasti dikabar2i kalo udah terbit... tunggu yaa XD

      Hapus
  4. dan hepi ending.....*keplok2..hehehe

    BalasHapus
  5. LDR kan menguji kesetiaan
    semoga langgeng selalu
    tak ada jarak takkan rindu

    BalasHapus
  6. LDR itu banyak sukanya banyak dukanya ya :D selama ini jg saya pengalamannya LDR mulu.. kalo ketemu kangen bgt, tiap hri telponan ampe pagi, hp ga bisa lepas dr sms, tpi sedihnya, ketika aku kangen, dia ga bisa disamping aku skrg hehe.. tpi yah udh namanya cinta :D semangat ya kalian berdua :D komunikasi penting bgt buat yg LDR dan.......... kejujuran.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi senasib y, semangat! hohoho....

      Hapus
  7. Walau jarak memisahkan yang penting dua hati selalu dekat ^_^

    BalasHapus
  8. crt ttg LDR ya? kyknya sy gak bs kl LDR :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, bisa tentang apa saja kok :)

      Hapus
  9. Kahlil Gibran pernah bilang ...
    birakan jarak tiang itu tetap ada ... agar angin surga berhembus diantaranya ... (kurang lebih begitu ...)

    tiang yang berjarak ... dapat lebih menyangga atap dengan baik ...
    saratnya adalah ... mereka berfondasi sama ... dan beratap sama ...

    Salam Saya Devita
    Salam Saya Nunu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju om, kalo smuany udh sama, pasti simetris dan bagus hasilny :)

      Hapus
  10. Menambah pengetahuan ya..
    terimakasih..
    Berkunjung juga ya sesekali ke blog ku..
    rengga-tikus.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Aku salut nih sama kalian, moga langgeng terus ya :D
    *kalo aku pernah LDR tapi nggak bertahan lama :(

    Selalu suka untaian diksi dan gambarnyaaaa ( >o<)b

    BalasHapus
  13. Seperti tulisan pada gambar di postingan "Cerita Dari Balik Layar" yang pernah kamu buat :

    - Distance doesn't matter if two hearts are loyal to each other -

    Semua berlabuh pada 'kesetiaan', bukan ?! :)

    BalasHapus
  14. Ah senasib U_U
    Untungnya ada yg nemenin sy didalam perut ^^
    Hai om, tante... (Sapa yg didalam perut)

    In love sama gambarnya. Boleh pinjam buat dp bbm yaaa... Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh.. LDM yah mba >,<
      hai dedek bayi... temani ibumu terus yaa.. bwt dia tersenyum stiap saat :)

      Hapus
  15. kangan jarak menakutkan.......mikirin jarak bikin kelu haha

    BalasHapus