Jumat, 18 Januari 2013

Sekadar Foto Amatir tentang Lelaki dan Kopi

Perkenalkan, namanya Deden. Tubuhnya yang kecil terlihat cukup tegap. Aku seringkali tanpa sengaja menemukannya di depan kampus tempatku dulu berkuliah. Lelaki ngeganteng jikalah ia hidup di era 80-an, perpaduan antara Rano Karno dan Roy Marteen. Di tangannya, segelas kopi dan sebungkus gorengan selalu berebut menjadi primadona. Kopi hitam panas itu mengepul dan Deden seperti tak sabar ingin menghirupnya. Mulutnya yang penuh gorengan meniup-niup sang kopi. Tangannya gemetar, kakinya yang hanya ditemani sandal jepit murah bergoyang-goyang seperti bocah yang tengah tekun bermain. Bibirnya terkadang berkomat-kamit seperti hendak menyemburkan kata-kata, entah karena ia tengah lapar atau mengidap Skizofrenia.


Hari itu, hanya satu menit aku duduk di sebelahnya, dan selama itu pula para muda-mudi mahasiswa yang berseliweran menyapa Deden dengan penuh ejekan seakan ia, lelaki ngeganteng itu, adalah badut sirkus. Bagiku, tak ada yang salah dengan Deden. Tak ada yang perlu ditertawakan. Dalam segala keterbatasan yang melekat di raganya, ia hanyalah manusia sederhana yang sedang menjalani perputaran dunia.

Cess, rokok pemberianku dinyalakan dan dihisap dengan segera. Cess, mahasiswa super dandy dengan blackberry di tangan menahan tawa melihat Deden. Lelaki dan kopi itu lalu memberikan pemandangan ironi urban yang menggelisahkan: betapa kita kerap membodohi dan dibodohi realitas, betapa teori dan hipotesa seringkali terlalu jauh berlari meninggalkan realitas.

Written by Nugraha Sugiarta

28 komentar:

  1. mukanya ga kelitan jelas difotonya..penasaran kek gimana perpaduan antara rano karno dan roy marteen :))

    BalasHapus
  2. perpaduan rano karno n roy mateen tampak samping :D

    BalasHapus
  3. Rambutnya keriting kaya Roy marten :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya bngt, kriting hip d taun 80an kan hihi

      Hapus
  4. hmmm, mukanya ketutupan tangan..
    tp kontras warna fotonya bgs bgt sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nih, mw moto lg ngopi malah ktutup mukany, thanks sob, hasil susah payah moto modal kamera hp nih hihihi

      Hapus
  5. Hmm... mas Deden ini penderita Skizofrenia ya nu? Wah termasuk rapi ya mas Deden itu, kalo yang aku sering ketemu di sini benar-benar udah jauh dari realitas malah merekanya dan kumal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kykny sih bgituu...diurus kykny ama keluargany tp y gt dia seneng jalan2 kykny..

      Hapus
  6. boleh saya minta cerita tentang orang tersebut lebih banyak sob? Jika dia skizofrenia, akan sangat menarik untuk menuliskannya. tidak bermaksud utk mengeksploitasinya seperti yg dilakukan terhadap Mas Tony Blank. akan tetapi, saya sejatinya ingin bertemu dengan orang2 seperti mas deden itu dan ingin mengetahuinya lebih dalam...semoga ada kelanjutan catatannya. salam:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, coba nanti aku cari2 info lagi utk nulis lanjutanny, salam balik :)

      Hapus
  7. Skizofrenia itu bukannya yang hobi ngebunuh ya? Maaf, saya masih kurang info tampaknya :)
    Tapi kelihatannya terawat Mas Dedennya, pasti punya keluarga yang menyayangi dia dengan tulus, ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. sederhananya, schizophrenia merupakan gangguan mental kompleks yang membuat orang kesulitan membedakan kenyataan dan ilusi, berpikir logis, mengontrol emosi serta sulit berinteraksi... iya keluarganya perhatian kykny :)

      Hapus
  8. lagi mbayangin perpaduan rano karno ma roy marten.. hehehe.. itu fotonya sengaja ya pas mukanya ketutup? biar pd pnasaran.. hihi

    BalasHapus
  9. tp kl di ledekin gitu dia gak bereaksi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak.. dia sih lempeng ajah asoy geboyyy

      Hapus
  10. iya nih, penasaran euy. maklum generasi muda. hehehhe
    *dilempar pisang goreng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaha.. mending dimakan aja pisgornya :p

      Hapus
  11. Kopi dan kopi setiap hari setiap waktu

    BalasHapus
  12. di kampus gw dulu juga ada, cewe tapi. namanya Donna, ga tau nama asli ato cuman karangan anak2 kampus aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kampus mana? di itb jg ada yg namanya dona tp itu si rada2 gitu deh..

      Hapus
  13. LELAKI DAN KOPI emang tak dpt dipisahkan ya.

    BalasHapus
  14. Ngakak baca perpaduan Rano Karno + Roy Marten hi1000x

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyiahahhaa... pasti krn bayanginnya terlalu serius nih :P

      Hapus